Blog

Sekilas Tentang Atap Spandek

Spandek

Atap Spandek adalah jenis atap logam yang terbuat dari campuran Aluminium (Al) dan Seng (Zinc). Komposisi Atap Spandek yaitu terdiri dari 55% Aluminium dan 43 % Seng.

Umumnya produsen spandek atap sering menambahkan silikon sekitar 2 % dengan tujuan agar dapat bersifat lentur dan mudah dibentuk.

Atap Spandek biasanya sering juga di sebut Seng Spandek, Seng Gavalume dan Atap Zincalume.

Kegunaan Atap Spandek

Spandek kini sudah banyak digunakan diberbagai konstruksi, baik itu bangunan atap pabrik, atap rumah, Kanopi Spandek rumah, bahkan digunakan juga untuk membuat warung berjalan (Both Container).

Beberapa pabrik saat ini juga cenderung banyak menggunakan nya sebagai dinding bangunan, karena dalam pemasangan relatif cepat dan praktis.

MACAM MACAM KEGUNAAN ATAP SPANDEK

Jenis Gelombang Atap Spandek

Bentuk atap spandek saat ini sudah banyak macam nya, bahkan sebagian produsen membuat semacam paten bentuk gelombang yang berbeda-beda sontohnya produsen Krakatau Steel dengan Brand “Bluescope” dan produsen kawakan Kepuh Kencana Arum dengan Merek nya yaitu “Kencana“.

Berikut ini contoh gambar gelombang atap spandek yang dimiliki perusahaan Kepuh Kencana Arum.

gambar atap spandek kepuh kencana arum

Banyak tipe gelombang yang umum nya dibuat yaitu 3 gelombang, 6 , 9 , hingga 12 gelombang.

Gelombang – gelombang tipe lainnya jika anda sedang mencarinya, bisa menghubungi kami.

Ukuran Panjang Lebar dan Tebal Atap Spandek

Secara umum lebar dan panjang spandek setiap produsen berbeda – beda dan tidak akan memungkinkan jika kami berikan seluruh informasinya.

Namun secara umum Atap Spandek memiliki Lebar 500 mm, 750 mm, hingga 1060 mm atau efektif terpasang yaitu 1 meter.

Untuk Panjang nya yaitu 6 meter, tapi jika anda ingin meminta ukuran panjang sesuai keinginan seperti panjang 2, 3, 4 , 5, 6, 9, hingga 12 meter Anda bisa request ke Perusahaan Atap spandek atau distributor nya.

Tebal Spandek yang tersedia yaitu; 0.25 mm – 0,30 mm – 0.35 mm – 0.4 mm – 0.5 mm. Jika menginginkan tebal lebih dari stok yang ada, biasanya indent 3 – 7 Hari.

Varian Atap Spandek

Varian Spandek Atap Zincalume kini sudah banyak beredar di toko bangunan, distributor, dan grosir bangunan seperti Mega Baja. Diantaranya varian tersebut diciptakan untuk mengatasi kelemahan atap itu sendiri.

Diantara varian yang sering di temui yaitu :

Spandek Warna

Spandek warna layaknya atap Zincalume pada umumnya, yang membedakan hanya proses pewarnaan (Coating) dari warna seng biasa dilapisi cat warna Merah, Biru, Maroon, dan Hijau.

Jenis Atap Spandek Warna

Spandek Pasir

Merupakan jenis Atap Galvalume yang dilapisi perekat Akrilik dan taburan Lapisan Pasir khusus dengan massa beban yang ringan. Jenis Spandek Pasir ini juga ada proses pengecatan dengan warna Merah, Biru,  Hijau, Hitam dan Cokelat.

Proses pembuatan Atap Spandek Pasir juga ada yang menggunakan bahan Cat dan Lem seperti Aquaproof atau No Drop.

Atap Spandek Pasir

Spandek Lapis Peredam

Merupakan jenis Atap Zincalume yang lapisi dengan peredam yaitu; Aluminium Buble Foil, dan ada juga yang memakai Glasswool untuk peredam nya.

Spandek Varian ini, biasanya juga di sebut Spandek Laminasi. Walaupun sebenarnya tidak proses laminating, tetapi hanya penambahan lapisan peredam pada bagian permukaan bawah spandek Galvalume/ Zincalume.

Spandek Lapis Aluminium Foil Laminasi

Spandek Lengkung

Jenis Atap Galvalume yang banyak digunakan untuk Canopy Spandek, Gelanggang Olahraga, dan Gedung Pabrik. Yaitu spandek biasa yang hanya dibentuk lengkungan. Untuk dapat memesan atap spandek jenis ini bisa inden 3 – 7 Hari.

Karena ada proses pelengkungan terlebih dahulu sesuai permintaan konsumen.

Atap Spandek Lengkung

Spandek Kliplok

Merupakan Jenis spandek yang ujung nya dibuat penguncian yang erat, sehingga tidak mudah lepas setelah dipasang. Kelebihan dari spandek Kliplok (Clip Lock) ini yaitu Anti Bocor dan bisa dipasang tanpa Scrup antar lembaran.

Spandek Kliplok

Spandek Transparan

Bukan terbuat dari Aluminium maupun seng. Material spandek transparan terbuat dari bahan fiber. Namun bentuk spandek transparan bisa menyesuaikan gelombang atap spandek pada umumnya.

Atap jenis ini biasany disebut Spandek Bening dan Spandek Fiber.

Spandek Galvalume Transparan

Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan sebagaiman atap spandek.

Atap merupakan pelindung sebuah bangunan yang berfungsi untuk menahan sinar matahari dan hujan. Dengan fungsi tersebut kita sering merasakan hawa panas maupun suara berisik pada saat hujan tiba.

Berikut ini kami uraikan kelebihan dan kekurangan atap spandek secara umum :

Kelebihan Spandek Sebagai Atap

  1. Pemasangan lebih cepat
  2. Material Ringan
  3. Mudah dipasang – hanya menggunakan Baut.
  4. Tampilan lebih menarik dan minimalis.
  5. Tersedia beragam warna pilihan
  6. Struktur Atap Tahan Gempa
  7. Anti rayap dan Anti retak
  8. Awet dan Tahan Lama

Kekurangan Spandek Sebagai Atap

  1. Ruangan menjadi panas jika terlalu rendah
  2. Berisik ketika hujan
  3. Harga relatif mahal

Untuk mengatasi kekurangan Spandek untuk Atap, Produsen sudah menyiapkan beragam inovasi produk Seperti yang sudah kami sampaikan tentang varian spandek diatas.

Untuk meredam panas ada pilihan Spandek yang berlapis pasir, dan juga spandek lapis aluminium bubble foil diatas.

Untuk mengatasi berisik bisa juga menggunakan spandek tipe peredam, ada 2 pilihan yaitu lapis Bubble foil dan Lapis Glasswool.

Masalah harga memang relatif, namun beberapa orang mungkin saja karena suka dengan motif yang ditampilkan oleh atap spandek, mereka lebih cenderung ingin menggunakan nya. Selain itu juga, spandek juga dikenal lebih awet dibanding atap lainnya.

Tingkat ketahanan atap spandek yaitu 20-30 Tahun, bahkan bisa lebih tergantung kondisi iklim di daerah masing-masing.

Berapa Harga Spandek ?

Bagi Anda yang berminat menggunakan atap spandek untuk konstruksi bangunan Anda, Bisa halaman Harga Atap Spandek Terbaru dari Kami.

Demikian Artikel ini kami buat, mudah mudahan dapat bermanfaat untuk Anda. Kurang dan lebih nya kami mohon maaf. Terima kasih telah berkunjung di website kami.