Blog

Estimasi Pembuatan Kanopi Baja Ringan

Gambar Kanopi Baja Ringan

Selamat Datang di Tips Bermanfaat dari Nusantara Baja, Kali ini kami akan memberikan tips yakni cara menghitung / Estimasi Biaya Pembuatan Kanopi Baja Ringan.

Memiliki hunian yang nyaman merupakan keinginan setiap keluarga. Salah satu cara membuat rumah agar nyaman yaitu membuat rumah agar tetap teduh dan terhindar dari percikan hujan maupun paparan sinar matahari langsung, terutama bagian depan rumah. Bagi Anda yang menginginkan bagian depan rumah Anda agar tetap teduh mungkin dengan memasang kanopi dapat menjadi alternatif untuk Anda. Kanopi memiliki berbagai jenis dan model. Salah satu jenis kanopi yang dapat gunakan yaitu kanopi baja ringan. Hal tersebut dikarenakan kanopi baja ringan memiliki berbagai keunggulan yang lebih jika dibandingkan dengan jenis kanopi lainnya.

Keunggulan-keunggulan kanopi baja ringan

  • Pemasangannya cukup mudah

pasang baut kanopi baja ringanUntuk memasang kanopi baja ringan tidak membutuhkan waktu dan biaya yang banyak. Jadi jenis kanopi ini sangat cocok untuk Anda yang hanya memiliki waktu dan biaya terbatas. Pemasangan kanopi baja ringan ini cukup mudah. Hal tersebut karena pada tahap pemasangan hanya dirakit menggunakan baut khusus. Bobot yang dimiliki kanopi ini juga tidak terlalu berat dibandingkan kanopi besi, sehingga bisa dikerjakan oleh 2-3 pekerja saja.

  • Anti karat dan anti rayap

Hal tersebut dikarenakan baja ringan sudah dilapisi dengan Galvalum. Lapisan tersebut adalah pelapis anti karat yang terbuat dari zinc, aluminium zinc, dan karbon. Lapisan tersebut juga membuat Anda tidak perlu melakukan perawatan rutin kepada kanopi baja ringan seperti melapisi zat anti karat. Kemudian juga memiliki sifat anti rayap. Kelebihan tersebut membuatnya memiliki sifat awet dan tahan lama

  • Memiliki sifat non-combustible

Kanopi baja ringan mmiliki sifat non-combustible. Non-combustible artinya tidak bisa membesarkan api. Sehingga aman digunakan.

  • Tidak mengalami pemuaian dan susut

Karakteristik dari kanopi baja ringan yaitu memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap cuaca ekstrim. Hal tersebut membuat ia bertahan dalam ukurannya atau tidak akan mengalami pemuaian atau penyusutan. Tanpa proses pemuaian dan penyusutan tersebut itulah sehingga tidak akan mengurangi estetika keindahan rumah Anda dan aman digunakan.

  • Ramah lingkungan

Mengunakan kanopi baja ringan ini hampir tidak ada limbah. Hal tersebut dikarenakan pengaplikasin bahan baja ringan pada kanopi ini sesuai dengan yang dibutuhkan. Jadi tidak ada sampah atau potongan sisa-sisa baja ringan yang berlebihan. Hal ini juga tergolong praktis, karena dapat menekan biaya pembersih pada penyelesaian pembuatan kanopi baja ringan.

  • Biaya yang dikeluarkan sangat terjangkau

Biaya yang dikeluarkan untuk kanopi baja ringan secara kesuluruhan, mulai dari pembangunan hingga perawatannya bisa dibilang sangat terjangkau. Karena tidak membutuhkan perawatan khusus dibandingkan  kanopi jenis lainnya. selain itu dari segi pemasangan juga hanya membutuhkan sedikit biaya dan waktu. Selain itu kanopi baja ringan juga dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran biaya listrik hingga 40%. Hal tersebut dikarenakan sifat bahan baja ringan yang menyerap panas dan membuang panas tapi dalam suhu yang lebih rendah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menyalakan AC atau kipas angin apabila Anda merasa panas akibat suhu cuaca panas yang ekstrem.

Estimasi Biaya Pembuatan Kanopi Baja Ringan

Berbicara mengenai biaya yang dikeluarkan untuk membuat kanopi baja ringan, harga rangka atap baja ringan ini cukup terjangkau dari pada kanopi lainnya. harga rangka atap baja ringan permeter ini dapat diperoleh dari luar kanopi (panjang*lebar:kemiringan = Luas m2). Kemudian setelah menemukan luas kanopi, luas tersebut dikalikan dengan harga kanopi permeter.

Misal kanopi memiliki panjang 15 cm, lebar 7 cm, dan kemiringan 30 derajat atau sama dengan 0,8660. Maka  kanopi tersebut memiliki luas 121 m2. Kemudian luas tersebut dikalikan dengan harga kanopi permeter, jadi 121*Rp. 200.000 = Rp. 24.200.000. Jadi, apabila Anda ingin membuat kanopi baja ringan dengan panjang 15 cm, lebar 7 cm, dan kemiringan 30 derajat, maka Anda memerlukan budget sebesar Rp. 24.2000.000 untuk membeli rangka atap baja ringan. Harga rangka atap baja ringan sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp. 200.000 – Rp. 500.000. Harga tersebut tergantung merk dan model kanopi baja ringan apa yang akan Anda pilih. Biasanya untuk harga jenis atap baja ringan yang paling murah yaitu spandek zinclume.

Baca Juga : Harga Spandek

3 model teknik pemasangan kanopi baja ringan

  • Kanopi baja ringan model sederhana

Harga kanopi baja ringan per meter dengan model sederhana jauh lebih murah dibandingkan model kanopi baja ringan lainnya. Hal tersebut dikarenakan kanopi baja ringan dengan model ini hanya menggunakan riang single box, rangka dan reng single.

  • Kanopi baja ringan model modern

Model ini menjadi urutan nomor 2 sebagai harga kanopi baja ringan termurah setelah model sederhana. Teknik ini menggunakan tiang double, rangan single dengan sentuhan reng.

  • Kanopi baja ringan model premium

Untuk teknik pemasangan model premium ini menggunakan tiang double, dan rangka double. Pada rangka double ini diberi sentuhan reng single.

  • Kanopi baja ringan super premium

Harga kanopi baja ringan per meter dengan model super premium jauh lebih mahal dibandingkan model kanopi baja ringan lainnya. Ini merupakan model teknik pemasangan kanopi ini menggunakan tiang double, rangka double. Kemudian dilengkapi dengan setuhan reng double sehingga memberikan kanopi baja ringan dengan desain yang nampak elegan dan mewah.

Sedangkan untuk proses perakitan kanopi baja ringan ini tidak memerlukan peralatan yang menyulitkan. Selain itu, pemasangan kanopi ini juga cukup mudah dan cepat. Berikut langkah-langkah merakit kanopi baja ringan

Langkap Pembuatan Kanopi Baja Ringan

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menentukan ukuran dan bentuk kanopi yang Anda inginkan.
  • Kemudian, siapkan tiang penyangga dan tempatkan tiang tersebut sesuai dengan ukuran dan bentuk kanopi.
  • Setelah itu, tancapkan tiang tersebut pada masing-masing sudut dari kanopi baja ringan. Tancapkan tiang tersebut sedalam kira-kira 20-30 cm.
  • Setelah Anda menancapkan tiang tersebut, buat satu kuncian agar tiang tersebut tidak berubah jaraknya dengan satu sama lain. Pemasangan baut tersebut juga digunakan agar tiang tidak miring.
  • Kemudian pasang rangka atas atau langit-langit kanopi yang sesuai dengan ukuran yang sudah Anda tentukan sebelumnya.
  • Pastikan baut yang Anda gunakan untuk mengunci tiang sudah kencang dengan menggunakan kunci inggris.
  • Setelah pembuatan rangka kanopi selesai, langkah selanjutnya yaitu memasang kasau dan atap.
  • Pasang kasau dan atap tersebut pada rangka kanopi dengan paku bila tidak ada perekat. Pastikan kasau, atap dan paku atau perekat tersebut merekat dengan kuat.

Meskipun langkah-langkah merakit kanopi baja ringan ini sekilas terlihat gampang, namun jangan Anda merakitnya sendirian tanpa bantuan tenaga profesional. Sebaiknya proses pemasangan kanopi dilakukan oleh ahli atau tenaga profesional. Hal tersebut akan membuat proses pengerjaan kanopi baja ringan dapat lebih cepat selesai. Selain itu, Anda pun juga bisa memiliki hasil rancangan yang lebih memuaskan yang berkualitas baik dan rapi.

Related Posts